ANGGOTA KOMISI A DPRD LUMAJANG, HADI NUR KISWANTO: “KELURAHAN HARUS MEMBERIKAN PELAYANAN CEPAT, AKURAT DAN TRANSPARAN”

      Kelurahan harus bisa memberikan pelayanan yang cepat, efektif, efesien, dan nyaman kepada masyarakat. Hal ini perlu diperhatikan, agar implementasi pemerintahan di tingkat bawah dapat berjalan dengan baik.

     “Kelurahan harus memberikan pelayanan cepat, akurat dan transparan. Agar tercipta pola pemerintahan yang baik, efesien, dan efektif untuk memberikan pelayanan kepada publik,” ujar Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Hadi Nur Kiswanto, ketika menjadi narasumber diprogram Dewan Mendengar Radio Semeru FM, Kamis 1 Juli 2024.

     Hadir dalam dialog tersebut, Plt Lurah Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang, Oke Suprihatmanko, tema yang diusung adalah ‘Inovasi Pelayanan Publik di Kelurahan’.

     Menurut Hadi, pemberian pelayanan publik secara cepat dan tepat dalam era informasi dan globalisasi yang sedemikian pesat dan cepat mutlak untuk dilaksanakan. Hal ini sekaligus memberi dampak pada semakin profesionalnya masyarakat mengelola suatu pekerjaan. Dalam kondisi seperti itu, waktu dan pelayanan menjadi sangat berharga bagi masyarakat.

     “Setiap orang ingin mendapat pelayanan yang cepat dan tepat, sebab mereka selalu ingin menggunakan waktu seefisien mungkin. Selain kecepatan dan ketepatan, kualitas pelayanan juga sangat diperlukan masyarakat dewasa ini,” tambahnya.

     Menyikapi hal tersebut, Plt Lurah Citrodiwangsan, Kecamatan Lumajang, Oke Suprihatmanko mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Kelurahan Citrodiwangsan, untuk meningkatkan kualitas aparatur dalam memberikan layanan kepada masyarakat, diantaranya dengan memberikan pelayanan maksimal program e-Paket.

     “Ada inovasi yang sudah kami lakukan salah satunya soal aplikasi e-Paket yatu salah satu inovasi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang, untuk memberikan kemudahan dan kebahagiaan kepada masyarakat,” jelasnya.

     Selain pelayanan berkaitan dengan administrasi kependudukan (Adminduk) pihaknya juga mengoptimalkan layanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seperti merangkul pihak TNI dan POLRI, untuk ikut serta menjaga keamanan dan kenyamanan dilingkungan Kelurahan.

     “Ini inten kami lakukan, selain butuh aman, masyarakat juga ada yang mengalami persoalan pidana. Nah dengan adanya sinergi TNI dan POLRI, sebelum persoalan itu ditarik ke atas maka penyelesaian di tingkat bawah kita lakukan terlebih dahulu,” pungkasnya. (Yoni Kristiono)



Posting Komentar

0 Komentar