SATLANTAS POLRES LUMAJANG RANGKUL RADIO SEMERU FM, SOSIALISASIKAN OPERASI PATUH SEMERU 2024

     Jelang Operasi Patuh Semeru 2024, Satlantas Polres Lumajang menggelar sosialisasi di Radio Semeru FM, pada Jum’at 12 Juli 2024. 

     Kanit Kamsel Satlantas Polres Lumajang, IPDA Suheri, SH mengatakan, kegiatan Operasi Patuh Semeru 2024 ini merupakan salah satu bentuk menjaga dan menciptakan kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Lumajang.

     “Operasi Patuh Semeru 2024 akan mulai dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli - 28 Juli 2024 mendatang, saya mengajak masyarakat Lumajang untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berkendara,” ungkapnya.

     Hadir dalam dialog tersebut Anggota Unit Kamsel Satlantas Polres Lumajang, AIPDA Rima Mayangga R., S.H., M.H, Anggota Unit Kamsel Satlantas Polres Lumajang, AIPDA Usman Hadi Santoso, SH., dan Pj Samsat Lumajang, Joko Susilo, SH. Tema yang diusung adalah ‘Operasi Patuh Semeru 2024’.

     Ia mengajak kepada seluruh masyarakat Lumajang untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas. Hal ini dilakukan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang kondusif.

     “Operasi ini fokus pada penindakan pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal,” jelasnya.

     Sasaran utama Operasi Patuh Semeru 2024 adalah pengendara yang tidak memakai helm SNI, melebihi batas kecepatan, melawan arus, pengendara di bawah umur, berkendara dalam pengaruh alkohol, menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan pelanggaran terkait truk yang melebihi dimensi dan muatan atau Over Dimensi Dan Over Loading (ODOL).

     “Operasi ini tidak hanya fokus pada penindakan, tetapi juga pada upaya preventif dan edukatif,” tambahnya.

     Sehingga masyarakat diharapkan lebih peduli dan berpartisipasi aktif dalam menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan. Masyarakat harus selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak melanggar batas kecepatan, serta menghindari berkendara dalam keadaan mabuk dan penggunaan knalpot brong.

     Sementara itu Anggota Unit Kamsel Satlantas Polres Lumajang, AIPDA Rima Mayangga R., S.H., M.H, menambahkan, bahwa konsep Operasi Patuh Semeru 2024 adalah sebuah operasi yang bersifat terbuka dalam bentuk pemeliharaan keamanan lalu lintas. 

     Operasi ini menekankan tindakan preemtif dan preventif yang didukung oleh Penegakkan Hukum (GAKKUM) secara persuasif serta humanis. Sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi menyebabkan kemacetan dan lakalantas baik sebelum, pada saat maupun pasca operasi. 

     “Sehingga kami juga inten melakukan sosialisasi dan bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan, agar semua termasuk adik-adik pelajar bisa patuh terhadap aturan tersebut,” tegasnya.

     Ditempat yang sama, Pj Samsat Lumajang, Joko Susilo, SH., mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Polda Jatim mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. 

     Kali ini, program pemutihan pajak ini digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 dan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-79. Program ini digelar mulai tanggal 15 Juli hingga 31 Agustus 2024. Program pemutihan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga Jawa Timur.

     “Selain mendukung Operasi Patuh Semeru 2024, pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan pada masyarakat supaya memanfaatkan momen pemutihan ini dengan sebaik mungkin,” pintanya.

     Dalam program tersebut masyarakat dapat pembebasan pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atas penyerahan kedua dan seterusnya. Pembebasan sanksi administratif PKB dan BBNKB, pembebasan PKB Progresif dan bebas dana Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

     “Tujuan Pemprov Jatim menyelenggarakan program pemutihan pajak kendaraan ini untuk mengurangi beban pajak kendaraan masyarakat. Sekaligus, mewujudkan ketertiban pembayaran pajak oleh wajib pajak yang memiliki tunggakan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dalam memenuhi kewajiban pajak,” paparnya.

     Hal senada juga diungkapkan Anggota Unit Kamsel Satlantas Polres Lumajang, AIPDA Usman Hadi Santoso, SH., menurutnya Operasi Patuh Semeru 2024 untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Terutama terhadap pelanggaran yang menimbulkan fatalitas kecelakaan.

     “Dengan pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2024, angka laka lantas dan pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Lumajang diharapkan bisa diminimalisir atau menurun dari tahun sebelumnya,” pungkasnya. (YONI KRISTIONO)


Posting Komentar

0 Komentar