PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG MEMINTA NAKES, PROAKTIF EDUKASI TENTANG TBC ATAU TUBERKULOSIS.

     Tuberkulosis  atau TBC, merupakan penyakit menular kronis yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Berdasarkan global tb report tahun 2023, Indonesia berada pada posisi kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, diikuti oleh Cina.

     Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono berharap tenaga kesehatan di Lumajang proaktif mengedukasi tentang TBC  atau Tuberkulosis, meski berisiko fatal, namun TBC adalah penyakit yang masih bisa disembuhkan asalkan melalui penanganan secara tepat. Biasanya, Dokter akan menganjurkan pengidap TB Paru untuk mengonsumsi obat selama 6-12 bulan.

     Obat TB Paru umumnya mengandung jenis Antituberkulosis,  yaitu Antibiotik yang khusus digunakan untuk mematikan infeksi bakteri TB, pengobatannya sendiri terdiri dari 2 tahap yaitu intensif dan lanjutan.

     Agus menegaskan, memang ngeri kalau ngomong TBC orang jadi takut mendekat,  tidak semua orang mau menerima, oleh karenanya menjadi tugas  bersama khususnya tenaga kesehatan untuk mengedukasi, sehingga tidak menambah pasien down dan tidak bersemangat. ( Yoni Kristiono )


Posting Komentar

0 Komentar