DEWAN LUMAJANG: “GERBAS TANI HARUS DIGETOK TULARKAN KE KECAMATAN LAINNYA”

     Para petani bersama Pemkab Lumajang, menggelar Gerakan Belanja Sayur di Lahan Petani (Gerbas Tani) di Desa Kedung Rejo, Kecamatan Rowokangkung. Kegiatan ini ditujukan untuk mengangkat potensi pertanian dan pariwisata yang dimiliki daerah setempat.

     Menyikapi hal tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Lumajang, Dra. Hj. Nur Hidayati, M.Si, mengatakan, program Gerbas Tani merupakan program bagus sehingga harus bisa dikembangkan ke daerah lainnya.

     “Ini merupakan hal baru bagi kami, semoga Gerbas Tani bukan hanya ada di Kecamatan Rowokangkung saja tetapi bisa ada di kecamatan lainnya,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di program Dewan Mendengar Radio Semeru FM, Senin 23 September 2024.

     Hadir pula dalam dialog pagi tersebut Penyuluh Pembina Ahli Madya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, Juwariyah, S.P, MMA dan Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Pertanian DKPP Kabupaten Lumajang, Eko Sugeng Prasetyo. Tema yang diusung adalah ‘Gerbas Tani Rowokangkung Tingkatkan Potensi Ekonomi Masyarakat’.

     Sementara itu Penyuluh Pembina Ahli Madya, DKPP Kabupaten Lumajang, Juwariyah, SP, MMA mengatakan, Gerbas Tani hadir sebagai wujud nyata kolaborasi antara pemerintah desa, DKPP serta masyarakat petani. 

     “Para pembeli yang datang langsung ke lahan petani berkesempatan mendapatkan harga sayur yang lebih terjangkau, tanpa melalui perantara seperti pengepul. Selain masih segar, harganya juga lebih murah dibandingkan dengan di pasar,” jelasnya.

     Ada belasan varietas sayuran dan buah-buahan. Pengunjung bisa datang dan langsung membeli sayuran dan buah ke petani. Pengunjung diperbolehkan memetik sendiri sayuran dan buah yang diinginkan.

     Ia menambahkan bahwa Gerbas Tani lebih dari sekadar pasar sayuran, Gerbas Tani menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Selain dapat membeli sayur segar, pengunjung disuguhi keindahan kebun sayur dan bunga di lokasi. 

     “Keberadaan kebun bunga juga memiliki manfaat ekologis, karena tanaman ini dapat menjadi sumber pestisida alami bagi tanaman lainnya,” tambahnya.

     Hal senada juga disampakan Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Pertanian DKPP Kabupaten Lumajang, Eko Sugeng Prasetyo. Ia berharap ada banyak masukan yang disampakan kepada DKPP terkat dengan Gerbas Tani. Agar ke depan banyak inovasi yang dilakukan guna meningkatkan ekonomi masyarakat. (Yoni Kristiono)


Editor : Roni


Posting Komentar

0 Komentar