DEWAN MENDESAK PEMERINTAH AGAR KADER KESEHATAN JIWA HARUS DIPERHATKAN

 

     Dewan mendesak agar pemerintah daerah lebih serius dalam memperhatikan para kader kesehatan jiwa yang selama ini sudah berkorban banyak terhadap penanganan Orang Dengan Ganguan Jiwa atau ODGJ di Kabupaten Lumajang.

     Hal ini disampaikan Supratman S.H, anggota dewan dari PDI Perjuangan. Menurutnya, pemerintah daerah harus bisa memberikan perhatian lebih pada kader kesehatan jiwa yang salama ini sudah berjuang maksimal, dalam membantu para ODGJ di Lumajang.

     Menurut Supratman, kader kesehatan jiwa sebagai penggerak di masyarakat memiliki komitmen dan kemampuan untuk melakukan deteksi dini gangguan jiwa,  melakukan pendampingan pada penderita gangguan jiwa dan keluarganya, bisa melakukan rujukan bila diperlukan serta melakukan upaya pemulihan di masyarakat.

     “ Para kadir jiwa ini, sudah bekerja secara ihklas tanpa imbalan apapun dari pemerintah, ini yang patut kita berikan apresiasi yang setinggi – tingginya. Untuk dengan kemampuan yang terbatas, pemerintah harus memberikan reward kepada para kader jiwa. Karena penanganan ODGJ ini tidak semudah yang kita bayangkan. Para kader jiwa ini, selain menangani jiwanya, juga menangani administrasinya,KTP, KK, SKTM, BPJS dan perawatan rutinya juga melakukan pendampingan rutin,” ungkapnya.

     Ia mengucapkan banyak terimakasih kepada para kader kesehatan jiwa yang sudah berjuang tanpa lelah membantu para ODGJ, tanpa peran kader kesehatan jiwa, ia yakin pemerintah daerah akan kuwalahan dalam menangani persoalan ODGJ di Kabupaten Lumajang. ( Yoni Kristiono )


Posting Komentar

0 Komentar