PEMERINTAH GELONTORKAN 2800 KILO BIBIT BAWANG MERAH KE PETANI

 

     Sejumlah petani di wilayah kecamatan yosowilangun menerima 2.800 kilogram bantuan bibit benih bawang merah, dari dinas ketahanan pangan dan pertanian atau DKPP Lumajang. Sumber anggaran bantuan tersebut berasal dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau atau dbhcht ta 2024 senilai 173 juta.

     Kepala DKPP Lumajang Retno Wulan Andari mengatakan, bantuan bibit yang diberikan kepada petani merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mengendalikan inflasi, termasuk meminimalisir kenaikan harga.

     Menurutnya, bantuan bibit bawang merah diberikan sesuai luas lahan. Ia menyebut pihaknya memberikan bantuan 2,8 ton bibit bawang merah kepada kelompok tani atau poktan karya tani yang akan ditanam di lahan seluas 2,8 hektare di Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun.

     Sementara itu, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang Hendra Suwandaru mengatakan, penanaman ribuan bibit bawang merah berjenis biru lancor,  menurutnya beberapa titik wilayah pertanian di Kabupaten Lumajang memiliki potensi sebagai sentra penghasil bawang merah.

     Ia menilai kontur tanah dan iklim di bumi Aryawiraja ternyata begitu mendukung untuk menanam bawang merah, ia berharap petani agar sungguh-sungguh memanfaatkan bantuan dan tetap semangat, apalagi pemerintah terus mendorong program bantuan ini secara berkelanjutan.(Yoni Kristiono)

 

Editor : Roni


Posting Komentar

0 Komentar