PASTIKAN PEKERJAANNYA LANCAR DAN TIDAK BERMASALAH, TPS KSM DESA PAGOWAN PASRUJAMBE GELAR MUSDES PROGRAM DAK SANITASI 2024

 

     Untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, Tim Pelaksana Swakelola (TPS) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pagowan Sejahtera, Desa Pagowan, Kecamatan Pasrujambe, kabupaten Lumajang, pada Senin 7 Oktober 2024, gelar musdes 50 persen program DAK Sanitasi tahun 2024.

     Camat Pasrujambe, Mohammad Saiful mengatakan, bahwa musdes 50 persen program DAK Sanitasi tahun 2024 dilakukan sebagai bentuk keseriusan pemerintah desa dan kecamatan, dalam memberikan support pada kegiatan tersebut, pasalnya tujuan dilaksanakannya program DAK Sanitasi sebagai sarana untuk menekan stunting di Kecamatan Pasrujambe.


     “Tujuan dilakukannya kegiatan ini untuk menekan kasus stunting yang belakangan masih tinggi di Kabupaten Lumajang. Dari awal saya sudah mengawalnya, sehingga tahu persis pelaksanaan dilapangan itu seperti apa,” ungkapnya.

     Hal senada juga disampaikan Ketua TPS KSM Pagowan Sejahtera, Yoga Dohan Efendi, pelaksanaan program DAK Sanitasi di wilayahnya sudah berjalan baik dan sesuai dengan juklak dan juknis. Karena dari awal pelaksanaan sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait baik itu ditingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.

     “Mulai proses awal hingga berjalan sampai saat ini kami tidak putus berkoordinasi dengan tim dari kabupaten dan juga dari kecamatan mas. Sehingga kami optimis pelaksanaan program DAK Sanitasi di desa kami ini berjalan baik karena dari Inspektorat sudah banyak memberikan masukan dan arahan kepada kami,” tegasnya.

     Sementara itu PPK Sanitasi Kabupaten Lumajang, Jaya Wibisono menegaskan bahwa, musdes 50 persen program DAK Sanitasi tahun 2024 sebagai bentuk keseriusan pemerintah desa dan kabupaten, dalam melaksanakan program tersebut, karena dalam musdes itu yang diundang semua masyarakat dan tokoh termasuk juga para tukang yang mengerjakan proyek, sehingga berbagai keluhan yang ada bisa dilontarkan secara langsung.

     “Ini kita hadirkan semua untuk melakukan evaluasi apakah dilapangan ada kendala atau malah sebaliknya. Faktanya tadi semuanya berjalan lancar dan di Desa Pagowan ini termasuk yang paling cepat dna bagus,” jelentrehnya.

     Ia menambahkan, dari beberapa persoalan yang ada di Kecamatan Pasrujambe, program DAK Sanitasi di Desa Pagowan merupakan yang paling berjalan dengan cepat, sehingga pihaknya mengapresiasi dan berharap wilayah lain bisa mencontoh Desa Pagowan. (Hariyanto)


Editor : Roni


Posting Komentar

0 Komentar