UNTUK PERANGI STUNTING DAN KEKURANGAN GIZI PEMKAB LUMAJANG GELAR SURVEI GIZI 2024

 

     Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  atau Dinkes P2KB, Kabupaten Lumajang, lakukan Survei Status Gizi Indonesia atau SSGI  2024.

     Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  atau Dinkes P2KB dr. Rosyidah mengungkapkan, survei tersebut bertujuan untuk memperoleh gambaran menyeluruh terkait status gizi balita. Termasuk masalah stunting, wasting, underweight dan obesitas.

     SSGI 2024 akan dilaksanakan di 21 kecamatan dan melibatkan 76 desa, kelurahan di Kabupaten Lumajang, dengan sampel dari 10 rumah tangga di setiap desa. Pelaksanaan survei berlangsung mulai 30 September hingga 30 November 2024.

     Dalam proses survey, masyarakat diminta untuk mempersiapkan data terkait kondisi kesehatan dan gizi balita. Di antaranya, ibu balita diminta memastikan bahwa buku Kesehatan Ibu dan Anak  atau KIA sudah diisi lengkap, mengetahui status imunisasi anak, serta mempersiapkan balita sesuai dengan data sasaran survey.

     Selain melakukan wawancara kepada responden, survei ini juga melibatkan pengukuran antropometri, meliputi tinggi badan, berat badan, dan lingkar lengan atas balita, serta pengukuran berat badan dan tinggi badan ibu balita. Data yang dihasilkan dari survei ini akan digunakan sebagai dasar dalam mengukur capaian intervensi gizi sesuai dengan Peraturan Presiden no. 72 Tahun 2021.

     Dengan adanya survei SSGI 2024, diharapkan Kabupaten Lumajang dapat merumuskan langkah-langkah strategis yang lebih efektif dalam menangani permasalahan gizi, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, terutama generasi muda.(Hariyanto)

 

Editor : Roni


Posting Komentar

0 Komentar